Beranda » Dinsos Cilegon Bersama Karang Taruna Gelar Bimtek Guna Atasi Masalah Sosial

Dinsos Cilegon Bersama Karang Taruna Gelar Bimtek Guna Atasi Masalah Sosial

by admin

Cilegon. Imajipos,. – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Sosial Kota Cilegon, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) guna meningkatkan kapasitas Pengurus Karang Taruna. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Jayakarta Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (23/10/2021).

Turut hadir 60 Pengurus Karang Taruna yang ada di Kota Cilegon, Kadis Dinsos Kota Cilegon, dan Ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj.

Mahdi selaku Ketua Karang Taruna Kota Cilegon mengatakan, tujuan dibentuknya Karang Taruna Kota Cilegon ini adalah untuk bersama-sama Pemerintah guna mengatasi atau penanggulangan masalah sosial yang ada di masyarakat.

“Selama ini Karang Taruna Kota Cilegon banyak mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) tentang diantaranya tentang kewirausahaan. Hanya berbentuk teori kepada kalangan pemuda dan masyarakat. Selain itu juga pemberdayaan mengenai budi daya ternak lele, perkebunan hidropnik dan tanaman obat keluarga (Toga). Namun saat ini masih belum berjalan lantaran terkendala dengan permodalan,” katanya.

Lebih lanjut, Mahdi mengatakan apabila Pemerintahan Kota Cilegon akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 juta untuk pemberdayaan Karang Taruna, maka sangat setuju sekali.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj mengatakan, terkait fungsi Karang Taruna Kota Cilegon. Karang Taruna berfungsi untuk mengatasi penanggulangan masalah sosial di masyarakat Kota Cilegon dan sebagai mitra kerja pemerintah.

“Karena itu, kami akan mengusulkan dan menganggarkan alokasi dana untuk  pemberdayaan senilai Rp 25 juta guna budi daya ternak lele dan perkebunan hidropnik,” ujarnya.

Isro juga menambahkan, apabila ada anggaran bisa dialokasikan atau ada aturannya untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial untuk kegiatan Karang Taruna. pihaknya akan merealisasikan pada anggaran 2022 mendatang.

“Insya Allah, kami realisasikan pada anggaran tahun 2022 yang akan datang,” tambahnya.

Isro juga berharap program Karang Taruna Kota Cilegon tentang sosial, pemberdayaan masyarakat maupun pelatihan peningkatan SDM, dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Kami mengharapkan program Karang Taruna Kota Cilegon harus dapat dirasakan oleh masyarakat. Baik itu tentang sosial dan pemberdayaan yang terkait pelatihan-pelatihan peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA

Leave a Comment